Android 11 Versi Final Akhirnya Meluncur di Bulan ini

Posted on

Sesudah ramai dibicarakan dalam beberapa waktu paling akhir, Google pada akhirnya sah mengeluarkan skema operasi mobile terbaru, Android 11 untuk penerus dari Android 10. Sebelum mengumumkannya dengan cara sah, pada Februari lantas, Google telah terlebih dulu meluncurkan skema operasi Android 11 versus pengembang untuk beberapa pemakai hp Piksel.

Waktu itu, Android 11 versus pengembang bisa terpasang ke piranti bikinan Google yaitu Piksel 2, Piksel 2 XL, Piksel 3, Piksel 3 XL, Piksel 3a, Piksel 3a XL, Piksel 4, serta Piksel 4 XL. Sesaat, Android 11 versus beta awalnya sudah dikeluarkan oleh Google pada Juni untuk beberapa pemakai hp Piksel.

Tidak sama dari beberapa tahun awalnya, sekarang versus akhir/final Android 11 tidak cuma digulirkan kali pertamanya untuk barisan handphone Google Piksel, tetapi brand hp lain seperti OnePlus, Xiaomi, Oppo, serta Realme. Digabungkan KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (9/9/2020), Android 11 sudah diberi beberapa feature baru, termasuk juga feature yang berkaitan dengan kekuatan jaringan 5G. Lalu apa feature baru yang ada pada Android 11 ini?

1. Bubbles

Feature ini sebetulnya sisi dari Android 10, serta penampilannya memperingatkan kita pada chat heads punya Facebook Messenger.

Bubbles adalah penampilan antarmuka baru (UI) untuk aplikasi perpesanan yang sangat mungkin pemakai bisa buka beberapa pembicaraan sekaligus juga, dengan akses yang gampang.

2. Conversation Notifications

Seperti dengan bubbles, feature ini akan menimbulkan pembicaraan di tempat pemberitahuan. Nanti penampilan pesan masuk dibagian pemberitahuan akan sesuai dengan aplikasinya, seperti e-mail, Instagram, dan penyempurnaan aplikasi.

Feature ini mempunyai tujuan untuk memudahkan pemakai waktu melakukan komunikasi atau membalas pemberitahuan yang masuk.

3. Voice Access

Feature ini mempermudah pemakai untuk mengatur hp mereka cukup dengan pertolongan suara. Misalnya ingin buka akses menu, pemakai dapat memakai feature ini untuk perintah aksesibilitas.

4. Media Control

Pada Android 11, feature ini memudahkan pemakai untuk berubah ke output media external seperti speaker bluetooth atau Google Home speaker yang akan diperlihatkan lewat simbol di menu pernyataan drop-down pada piranti.

Feature ini seperti sama seperti yang berada di piranti Apple, yakni AirPlay pada Control Center iOS.

5. Piranti Control

Feature ini menolong pemakai untuk mengatur piranti mereka yang tersambung dengan piranti yang lain.

6. One Time Permission

Di Android 11, pemakai mempunyai pilihan supaya aplikasi cuma bisa terhubung feature spesifik seperti camera, mikrofon, serta data tempat sekitar 1x (one time), bukannya berlaku selanjutnya seperti versus Android sebelumnya.

Simak juga: Walau Acara Peluncuran Dipending, Android 11 Masih Ditebar ke Beberapa Pemakai

7. Latar belakang Location

Google mempererat perizinan akses tempat aplikasi yang berjalan di background. Google akan tentukan apa aplikasi itu betul-betul perlu akses tempat di latar belakang atau mungkin tidak.

  1. Permissions auto-reset

Bila pemakai meremehkan aplikasi yang dipasang dalam tempo yang lumayan lama, nanti skema akan menyetel lagi automatis berkaitan penempatan aplikasi serta memberi pemberitahuan apa aplikasi itu akan dipakai lagi atau mungkin tidak.

9. Scoped storage

Google sudah tingkatkan feature ini membuat perlindungan aplikasi serta data pemakai yang tersimpan di penyimpanan external, serta lakukan pembaruan selanjutnya untuk menolong beberapa pengembang aplikasi.

10. Google Play Sistem Updates

Google dapat mengupdate beberapa komponen di skema. Ini mempunyai tujuan supaya Google bertambah bebas mengupdate aplikasi langsung dari Play Store, tanpa ada menyertakan pengembang aplikasi. Android 11 alami beberapa kenaikan modul di skema aplikasi. Termasuk juga penataan untuk mengatur akses privacy ke penyimpanan internal, serta satu lagi untuk mengatasi skema antarmuka aplikasi.

Disamping itu, pada Android 11, pemakai dapat mengagendakan model gelap agar aktif dengan cara automatis. Pilihan yang ada nanti ialah aktifkan model gelap dari petang sampai pagi atau mengendalikannya dengan cara kustom. Bila Anda ialah pengembang aplikasi (developer), karena itu Anda bisa meng-install aplikasi ke piranti, atau emulator yang jalankan Android 11, untuk mengetes beberapa fiturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *