Mati Listrik Bikin Sinyal Ponsel Hilang Ini Penjelasan Operator

Posted on

Mati Listrik Bikin Sinyal Ponsel Hilang Ini Penjelasan Operator – Pemadaman listrik yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu telah menyebabkan gangguan pada beberapa jaringan seluler. Beberapa opeator seluler bahkan mengaku terkena dampak langsung dari pemadaman tersebut, seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata. VP Head of Strategic Communications Indosat Ooredoo.

Mati Listrik Bikin Sinyal Ponsel Hilang Ini Penjelasan Operator

Pengguna Kereta Rel Listrik mengoperasikan telepon genggam mereka saat menunggu datangnya kereta di peron Stasiun Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Adrian Prasanto mengatakan menara penerima sinyal (cell tower) atau base transceiver station (BTS) milik Indosat mengalami gangguan saat pemadaman listrik berlangsung. Alhasil, beberapa pengguna mengaku sulit untuk dapat menggunakan layanan SMS, telepon dan internet. “Beberapa BTS kami di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik.

Saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal,” ungkap Adrian kepada KompasTekno, Minggu (1/11/2020). Hal tersebut rupanya juga turut dialami oleh XL Axiata. Dengan adanya pemadaman, pihak XL Axiata mengaku harus melakukan rekayasa trafik jaringan dan mengandalkan listrik cadangan dari genset. Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih (Ayu) menyebut langkah ini dilakukan guna menjaga operasional BTS di beberapa wilayah yang terdampak.

Kini Ayu memastikan bahwa sebagian besar jaringan XL Axiata kini telah berangsur pulih. “Pengecekan jaringan masih terus kami lakukan, dan tim kami tetap bersiap mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi berikutnya,” ujar Ayu. Senada dengan Indosat dan XL, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengungkapkan bahwa kendala pasokan listrik dari PLN telah mengakibatkan kualitas jaringan.

Telkomsel menurun di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi

Meski demikian, Denny tidak menyebutkan separah apa dampak dan kerugian yang telah dialami oleh Telkomsel. Denny melalui keterangannya turut meminta maaf kepada seluruh pengguna Telkomsel. Untuk saat ini kondisi jaringan dan layanan Telkomsel mulai berangsur pulih seiring dengan sudah tersolusinya pasokan listrik di sebagian besar lokasi. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada pelanggan yang terdampak,” ujar Denny.

Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi pemadaman listrik yang melanda wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Tambun. Berdasarkan keterangan resmi dari PLN, pemadaman bermula pada pukul 12.58. WIB karena terdapat gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Bekasi-Priok-Cawang. Senior Manager General Affairs, Emir Muhaimin mengatakan pemadaman terjadi akibat hujan deras disertai sambaran petir yang melanda sejumlah daerah di Jakarta.

Saat ini PLN diketahui tengah melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya. Adapun wilayah yang listriknya sudah kembali menyala meliputi Cawang, Duren Tiga. Mampang, Danayasa, SCBD Sudirman, Kemang, Ancol, Angke, Setiabudi, dan Senen. Kemudian kondisi listrik di wilayah Gambir, Cempaka Mas, Cempaka Putih, Rawamangun, Gandaria, dan Bekasi juga dilaporkan telah kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *