Xiaomi Siapkan Ponsel Layar Lipat dengan Kamera Pop-up

Posted on

Xiaomi Siapkan Ponsel Layar Lipat dengan Kamera Pop-up – Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) tampaknya semakin dilirik oleh para vendor smartphone, termasuk Xiaomi. Seolah tak mau ketinggalan, perusahaan asal China ini telah mematenkan sebuah desain ponsel layar lipat. Keberadaan paten berisi konsep perangkat Xiaomi itu diungkap oleh situs teknologi asal Belanda, Let’s Go Digital.

Xiaomi Siapkan Ponsel Layar Lipat dengan Kamera Pop-up

Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya ke WIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Dunia) pada September 2020 lalu. Berbeda dengan foldable phone yang sudah beredar di pasar, desain yang dipatenkan Xiaomi, memperlihatkan rancangan perangkat dengan modul kamera pop-up di bagian depan layar. Modul kamera pop-up itu konon berisi dua lensa yang difungsikan sebagai kamera depan.

Jika dilihat dari desainnya, bagian belakang ponsel sepintas tampak mirip seperti Samsung Galaxy Fold pertama yang diluncurkan pada September 2019 lalu. Ponsel lipat yang dipersiapkan Xiaomi ini dilipat ke bagian dalam. Dalam keadaan dilipat, ponsel tersebut menyisakan layar yang lebih kecil di bagian luar. Meski mengusung mekanisme lipatan yang sama, namun, dimensi ketebalan ponsel ini tampak berbeda dengan Galaxy Fold.

Di sisi kanan bodi ponsel terdapat dua tombol fisik yang diyakini merupkana tombol power dan tombol pengaturan volume. Pada bagian punggung, tertanam tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Kamis (26/11/2020). Kendati demikian belum diketahui seperti apa spesifikasi dari ponsel tersebut. Sebab, desain ini baru sebatas pengajuan paten semata.

Dan belum dapat dipastikan apakah desain tersebut akan benar-benar direalisasikan Xiaomi. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi memang benar-benar serius menggarap ponsel layar lipat dengan modul kamera pop up sesuai dengan paten yang telah diajukannya tersebut. Untuk diketahui, mekanisme kamera pop-up ini sudah digunakan Xiaomi pada ponsel Redmi K20/ Mi 9T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *